Sabtu, 30 Agustus 2014

Sejarah Desa Margorejo

Pada Tahun 1969, Bencana Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. Menyebabkan Masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung tersebut kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian.

Pada tahun itu pulalah enduduk yang berasal dari lereng Gunung Merapi, tepatnya dari Wilayah Kabupaten Magelang dan Sleman di berangkatkan Transmigrasi ke Wilayah Lampung, Tepatnya di Kabupaten Lampung Selatan. Yang sekarang tinggal di Desa Margorejo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.

Pada saat itu Tahun 1969, Penduduk yang diberangkatkan Transmigrasi berjumlah 50 KK.
Waktu itu masih dibawah wilayah Kecamatan Kedaton Desa Margodadi. Mengingat Pertambahan Penduduknya yang sangat pesat, Kecamatan Kedaton pun di mekarkan menjadi 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Kedaton dan Kecamatan Tanjung Bintang. Secara pembagian Wilayah Desa Margodadi Ikut Kecamatan Tanjung Bintang.

Demikian pula Kecamatan Tanjung Bintang, dengan Peningkatan Pertumbuhan Penduduk yang sangat pesat dan wilayah yang sangat luas akhirnya Kecamatan Tanjung Bintang pun dimekarkan menjadi 2 kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Bintang sebagai Kecamatan Induk dan Jati Agung menjadi Kecamatan Pemekaran. Pada Tahun 1987 masih kecamatan Perwakilan. Pada Tahun 1989 Kapercam Jati Agung diresmikan menjadi Kecamatan Jati Agung. Dengan demikian Desa Margodadi ikut ke wilayah Kecamatan Jati Agung.

Dusun Margorejo yang sekarang ini menjadi Desa Margorejo adalah merupakan Desa Pemekaran dari Desa Margodadi Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Yang pada waktu itu jumlah penduduknya hanya 50 KK, pada saat dimekarkan sudah menjadi 300 KK.

Pada tahun 2004 Desa margorejo misah dari Desa margodadi, sebagai PJS.Kepala Desa Bapak Sukirno, Sekretaris Desa M. Sodikun, Ketua BPD Mujianto, dan Ketua LPM Sugi Siswanto. Dan terdiri dari 3 Dusun.

Pada Tahun 2006 PJS. Kepala Desa di jabat oleh Bapak Budiyono, karena Bapak Sukirno Berprofesi sebagai Guru, maka PJS Kepala Desa dig anti.
Pada Tahun 2007 Bapak Budiyono Mengundurkan ddiri dari PJS Kepala Desa, Karena maju sebagai Balon Kepala Desa, dengan Pengunduran dirinya, maka PJS di Jabat oleh Bapak Hadi Dimyanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Urusan Pemerintahan.

Pada Tahun 2007 Desa Margorejo Mengadakan PILKADEAS yang pertama kalinya.
Pemilihan Kepala Desa waktu itu diikuti 2 Calon Kandidat Kepala Desa, yang pada akhirnya dimenangkan oleh Bapak Budiyono.

Pada Tahun 2007 itulah Desa Margorejo Benar-benar menjadi Desa Margorejo dengan dipimpin oleh seorang Kepala Desa hasil dari Pemilihan Kepala Desa. Yaitu Bapak Budiyono sampai dengan sekarang masih di jabat oleh beliau.

0 komentar:

Posting Komentar