Minggu, 31 Agustus 2014

Lele dan Bebek di Margorejo

Tempat pemeliharaan lele milik Faisal
Pada bulan Juli, tim PKPM melakukan kunjungan ke Desa Margorejo untuk melakukan survei. Pada kesempatan itu pula kami diberikan kesempatan oleh masyarakat Desa Margorejo untuk melakukan kunjungan ke tempat pembudidayaan ikan lele yang dimiliki oleh Faisal. Salah satu ketua karang taruna di Desa Margorejo.

Di rumahnya ia juga memelihara bebek-bebek yang bisa menjadi petelur maupun pedaging.

Lele-lele tersebut diletakkan pada sebuah kolam yang dirawat dengan baik. Budidaya Lele tidak hanya berada di dusun III tempat Faisal saja, namun di dusun I tempat Kepala Dusun I tinggal, ada juga budidaya lele yang memiliki kualitas yang baik pula. Namun, lele-lele tersebut hanya dijual begitu saja setelah panen. Padahal jika diolah lagi, nilai jual yang dimiliki oleh lele-lele tersebut akan berubah naik dan akan banyak dicari oleh masyarakat.

Foto Kunjungan ke tempat pemilik budidaya lele dan bebek
Bebek yang dimiliki oleh mas Faisal rata-rata merupakan bebek pedaging yang bisa diolah menjadi bebek peking. Pakan yang diberikan oleh pemilik merupakan keong yang mampu meningkatkan kualitas bebek tersebut menjadi lebih baik. Telur-telur bebek yang diperoleh dari bebek petelur akan diolah menjadi telur asin yang menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga tidak perlu kuatir akan kehigienisan dan kesehatan dari telur asin asli Desa Margorejo ini.

Tertarik untuk mencoba lele atau bebek desa Margorejo?

0 komentar:

Posting Komentar